Pelayanan Berkualitas

Sejarah BKMM Cikampek

Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Cikampek didirikan pada tahun 1958. Semula namanya adalah Balai Pemberantasan Penyakit Trachoma, karena adanya wabah trachoma  di daerah tersebut. Dalam kegiatan sehari-hari ternyata pasien yang datang tidak hanya penyakit trachoma saja, tetapi juga penderita kasus lain. Oleh karena itu, mananya berubah menjadi Balai Pengobatan (BP) Mata yang berada didawah Seksi Kesehatan Mata Kanwil KementerianKesehatan Propinsi Jawa Barat dan dipimpin oleh tenaga paramedis, dan didatangkan dokter mata sebulan sekali dari RS propinsi.

bkmm

Photo gedung lama BKMM Cikampek

Pada tahun 1991 dikeluarka Surat Keputusan Menteri Kesehatan No.350a/Menkes/SK/VI/1991 tentang Struktur dan Organisasi Balai Kesehatan Mata Masyarakat yang merubah BP Mata menjadi Balai Mata Masyarakat dan merupakan Unit Pelaksana Teknis dibidang Kesehatan Mata dalam lingkungan Kementerian Kesehatan yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ditjen Binkesmas  KementerianKesehatan RI. Berdasarkan Kepmenkes tersebut BKMM Cikampek diresmikan kelembagaannya pada tanggal 8 Januarai 1992.

Untuk pembangunan organisasi tahun 2005 dikeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 1652/Menkes/Per/XII/2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Kesehatan Mata Masyarakat, dimana pada Permnkes ini struktur organisasi dikembangkan, Esselon Kepala BKMM dinaikan dari IIIb menjadi Esselon IIIa, dan pemanbahan Srtuktus Organisasi BKMM Cikampek.

2015 - Balai Kesehatan Mata Masyarakat Cikampek