Pelayanan Berkualitas

Frequently Asked Question

 

  1. Apakah yang di sebut katarak?

    Katarak adalah kekerutan lensa mata secara anatomis terletak di bagian depan mata tepat di bagian pupil mata. Katarak pada usia lanjut terjadi karena proses senitasi yang menyebabkan tajam pengelihatan menurun. Pravalensi katarak meningkat sesuai umur, lebih dari 50% orang yang berusia lebih dari 55 tahun dan lebih dari 70% orang yang berusia 0 tahun menderita kekerutan lensa mata.
  2. Bagaimana katarak dapat di-diagnosia?

    Menentukan apakah seseorang menderita katarak memerlukan pemeriksaan mata lengkap. Dokter mata akan mendeteksi apakah penurunan atau gangguan tajam pengelihatan di akibatkan kekeruhan di lensa mata atau sebab lain? Pasien akan di periksa tajam pengelihatanya. Pupil akan di lebarkan dengan tetes mata midratyl untuk menetukan diagnosi pasti karatak dan retina katarak.
  3. Apakah katarak dapat disembuhkan?

    Katarak dapat di sembuhkan. Bila terdapat keluarga anda yang menderita kebutaan, hubungilah kader kesehatan setempat. Keluarga anda besama-sama dengan kader dapat mengantae ke puskesmas/ RS/ Balai kesehatan Mata Masyarakat (BKMM), Disana dokter specialis mata akan melakukan oprasi katarak dengan cara aman, sederhana (mudah dan cepat) dan tidak sakit. Petugas puskesmas atau BKMM akan memeriksa secara teliti mata pasien dan kesehatannya. Bila memenuhi syarat untuk di oprasi maka pasien akan di rujuk untuk di operasi.
  4. Apa itu penyakit Glaukoma?

    Glaukoma adalah penyakit progresif pada saraf optik muncul karena tekanan di dalam mata lebih tinggi dari saraf optik dapat bertahan.Bentuk yang paling umum dari glaucoma akan menyebabakan pasien untuk perlahan-lahan kehilangan visi mereka,dimulai dengan penglihatan parifarel mereka.Selama bertahun-tahun ini kehilangan penglihatan akan diperhatikan oleh pasien.Waktu tidak diobati,glaucoma akan mengakibatkan kebutaan.

 

 

2015 - Balai Kesehatan Mata Masyarakat Cikampek